01 Desember 2008

MANFAAT LIDAH BUAYA

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang paling banyak manfaatnya untuk kecantikan, kesehatan, bahkan dibuat makanan ataupun minuman juga bisa. Lidah buaya banyak mengandung zat asam amino, antrakuinon, enzim, hormon, mineral, asam salisilat, sterol, gula dan vitamin.

Dari sekitar 240 jenis lidah buaya (aloe vera) yang telah diketahui peneliti. Hanya 4 jenis yang biasa digunakan, salah satunya ialah aloe barbadensis yang berasal dari Barbados, Amerika Tengah. Jenis ini memiliki kandungan paling baik dan banyak digunakan oleh berbagai industri.



Berikut adalah sebagian manfaat lidah buaya :

Merawat kesuburan dan keindahan rambut

Lidah buaya dapat digunakan untuk perawatan rambut dengan cara menggosokkan getah buaya langsung pada kulit kepala. Kandungan asam amino didalamnya sangat membantu dalam pembentukan protein yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan rambut dan kulit kepala. Perpaduan antara asam amino, vitamin, mineral, dan kandungan lainnya mampu menghambat rusaknya jaringan dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru..

Obat luka

Lidah buaya mampu menyembuhkan luka karena memiliki kandungan saponin yang memiliki kemampuan sebagai pembersih dan antiseptik, Cara pengobatannya, cuci bersih dan kupas daun lidah buaya lalu ambil gelnya. Tempelkan gel tersebut pada luka dan bungkus dengan perban.

Obat pencahar

Aloe vera atau lidah buaya juga memiliki kandungan aloin. Senyawa yang tergolong dalam antrakuinon ini juga bisa digunakan untuk memperlancar pencernaan. Kalau Anda ingin membuat cairan pencahar sendiri, gunakan 300 gr daun lidah buaya yang telah dicuci bersih. Kemudian parut dan saring untuk mendapatkan cairannya. Cairan inilah yang dikonsumsi 2 kali 2 sendok makan sehari.

Buat yang sedang diet

Lidah buaya juga cocok untuk yang ingin berdiet. "Kandungan kalori aloevera sangat rendah yaitu 4 kalori dalam 100 gram," kandungan asam amino dan nutrisinya pun sangat tinggi hingga baik untuk kesehatan.

Produk kosmetik

Selain untuk pengobatan, lidah buaya sering digunakan sebagai produk kecantikan. Konon kemampuan ini sudah dikenal sejak zaman Cleopatra yang menggunakan gel lidah buaya sebagai komponen utama (70 persen) produk kosmetik. Nah, kalau yang ini, lignin-lah yang berperan. Zat ini mampu menembus dan meresap dalam kulit kita serta menahan berkurangnya cairan pada permukaan kulit. Akibatnya kelembapan kulit bisa terjaga.

Kalau dulu pemanfaatan lidah buaya masih besifat tradisional, sekarang telah tersedia produk kosmetik dari Oriflame yang berbahan dasar aloe vera. Oriflame Aloe Vera terbuat dari ekstrak lidah buaya alami yang 100% organik sehingga terjamin kulitas dan aman untuk kulit.


Manfaatnya pun beragam :
  • Untuk perawatan bibir kering gunakan Aloe Vera Soothing Lip Balm. Pelembab bibir dengan kandungan ekstrak lidah buaya organik dan mengandung SPF 8.
  • Aloe Vera Soothing Face Cream. Pelembab yang menyejukan karena kandungan aloe vera organik didalamnya.
  • Aloe Vera Soothing Eye Gel. Gel untuk daerah mata untuk membantu tanda keletihan.
  • Aloe Vera Soothing Toner. Penyegar yang menyejukan dengan kandungan ekstrak lidah buaya organik dan non alkohol
  • Aloe Vera Soothing Face Wash. Pembersih lembut bebas sabun yang menyejukan kulit karena kandungan ekstrak lidah buaya organik.


Tags : lidah buaya, manfaat lidah buaya

4 komentar:

erni mengatakan...

tips yang sangat bermanfaat.
thaks 4 sharing.

Anonim mengatakan...

Apakah muka berminyak dan berjerawat bisa menggunkan aloe vera facial wash ?

Anonim mengatakan...

waah boleh di coba nih.......
thanks for sharing

Dina Aftani mengatakan...

dulu nenekku punya tanaman lidah buaya, getahnya bisa dipakai jadi shampoo.. cuma biasanya rambut jadi keriting :)